Select Language :

Prodi Periklanan (D3)

Prodi Periklanan (D3)

Senin, 20 November 2017

Deskripsi Program Studi

Program Studi Periklanan di bawah Fakultas Pariwisata dan Industri Kreatif, lulusan dari prodi ini menghasilkan tenaga Ahli Madya Komunikasi di bidang industri kreatif khususnya Periklanan yang sanggup melaksanakan pekerjaannya secara praktis mulai dari perencanaan sampai produksi sesuai dengan kebutuhan masyarakat, hukum, dan etika profesi periklanan.

VISI

Menjadi Program Studi yang unggul dan berdaya saing global dalam menghasilkan dan melahirkan lulusan wirausaha Periklanan kreatif tingkat nasional pada tahun 2028.

MISI

  1. Menyelenggarakan pendidikan dan pelatihan yang bermutu di bidang Periklanan.
  2. Menyelenggarakan penelitian terapan yang bernilai guna di bidang Periklanan.
  3. Menyelenggarakan pengabdian masyarakat yang berhasil guna di bidang Periklanan.
  4. Menyelenggarakan kerjasama di bidang Periklanan dengan pihak lain yang saling menguntungkan dalam pengembangan IPTEKS.
  5. Memanfaatkan keahlian di bidang Periklanan sebagai sarana dakwah demi tercapainya tujuan Islam dan Kemuhammadiyahan.

A. Tujuan

Adapun tujuan Program Studi D-III Periklanan Fakultas Pariwisata dan Industri Kreatif Universitas Muhammadiyah Sebagai Berikut :

  1. Menghasilkan lulusan diploma yang kompeten di bidang periklanan kreatif Menghasilkan penelitian terapan yang bermanfaat bagi perkembangan ilmu pengetahuan bidang periklanan kreatif
  2. Menghasilkan kegiatan pengabdian kepada masyarakat yang tepat guna bagipeningkatan kesejahtraan masyarakat di bidang periklanan
  3. Menjalin kerjasama dan kemitraan dengan berbagai pihak dalam rangka meningkatkan mutu pelaksanaan kegiatan akademik dan non-akademik di bidang periklanan kreatif
  4. Memanfaatkan keahlian dibidang periklanan kreatif sebagai sarana dakwah demi tercapainya tujuan islam dan kemuhammadiyahan

B. Strategi

  1. Menerapkan kebijakan pembelajaran vokasi berbasis KKNI bidang periklanan kreatif
  2. Memfasilitasi kegiatan penelitianterapan dosen sesuai peta jalan atau roadmap penelitain program studi periklanan kreatif
  3. Menugaskan dosen untuk melakukan pendampingan kewirausahaan mahasiswa periklanan kreatif sesuai acuan program kreativitas mahasiswa
  4. Memfasilitasi program pengabdian pada masyarakat dosen berbasis vokasi periklanan kreatif dan berdaya guna oleh masyarakat
  5. Melakukan aksi kemitraan program studi periklanan kreatif berdasarkan database peta jalanatau roadmap catur dharma perguruan tinggi Muhammadiyah
  6. Mendorong dosen aktif melakukan dakwah Kemuhammdiyahan sesuai keahlianya yang dimiliki bidang periklanan kreatif.

 

Kompetensi Program Studi

Program Studi Periklanan Universitas Muhammadiyah Tangerang dibekali dengan pengetahuan, kemampuan dan ketrampilan untuk menerapkan strategi kreatif periklanan dan strategi pemasaran; merancang ilustrasi, sketsa dan topografi periklanan; menggunakan komputer dalam membuat desain komunikasi visual, desain grafis dan animasi periklanan; menggunakan dan memahami teknik kamera elektronik, melakukan recording dan editing, membuat fotografi periklanan, memproduksi iklan cetak dan elektronik, membuat copywriting, visualisasi dan story board, dan selanjutnya mengolahnya menjadi alat promosi berupa iklan media cetak, televisi, radio, brosur, poster, flyer, billboard, dan lain-lain.

CAPAIAN PEMELAJARAN

Capaian Pembelajaran program studi Periklanan meliputi capaian mengaplikasikan,mengkaji, membuat desain, memanfaatkan IPTEK, menyelesaikan masalah meliputi sikap, pengetahuan, keterampilan umum dan keterampilan khusus di jelaskan sebagai berikut:
1. Sikap

  1. Bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa dan mampu menunjukkan sikap religious
  2. Menjunjung tinggi nilai kemanusiaan dalam menjalankan tugas berdasarkan agama, moral dan etika
  3. Berkontribusi dalam peningkatan mutu kehidupanbermasyarakat, berbangsa, bernegara, dan kemajuan peradaban berdasarkan Pancasila.
  4. Berperan sebagai warga Negara yang bangga dan cinta tanah air, memiliki nasionalisme serta tanggung jawab Negara dan bangsa.
  5. Menghargai keanekaragaman budaya, pandangan, agama, dan kepercayaan serta pendapat atau temuan orang lain
  6. Bekerjasama dan memiliki kepekaan social serta kepedulian terhadap masyarakat dan lingkungan
  7. Taat hukum dan disiplin dalam kehidupan bermasyarakat dan bernegara.
  8. Menginternalisasi nilai, norma dan etika akademik.
  9. Menunjukkan sikap dan bertanggungjawab atas pekerjaan di bidang keahliannya secara mandiri
  10. Memiliki sikap technopreneur dalam bidang Periklanan
  11. Menjunjung tinggi norma, tata nilai, moral, agama, etika dan tanggngjawab.
  12. Bertanggungjawab terhadap pekerjaan secara mandiri maupun secara berkelompok.

2. Pengetahuan

  1. Mengetahui konsep dan prinsip-prinsip desain, baik dari sisi estetika bentuk,warna, maupun imposisi.
  2. Mengetahui perangkat keras dan perangkat lunak Periklanan yang sesuai untuk kebutuhan proses desain.
  3. Mengetahui proses desain mulai dari tahap analisa brief sampai dengan final art work
  4. Mengetahui cara yang baik dan benar dalam menyampaikan pesan melalui berbagai media berupa desain.
  5. Mengetahui cara yang kreatif dan komunikatif dalam menyampaikan pesan sosial, komersil, maupun informasi.
  6. Mengetahui berbagai macam Bahasa rupa yang digunakan dalam bentuk grafis, tanda, simbol, ilustrasi, gambar/foto, tifografi/huruf, berdasarkan kaidah bahasa visual yang khas.

3. Keterampilan Umum

  1. Mampu beradaptasi dalam masyarakat dan lingkungan kerja.
  2. Mampu bertindak dengan kompetensi teknis yang inovatif dalam penggunaan perangkat keras dan perangkat lunak Periklanan.
  3. Mampu menyajikan beberapa alternatif solusi desain dalam mengkomunikasikan pesan kepada client maupun masyarakat pada umumnya.
  4. Mampu berkomunikasi dan bekerjasama dalam satuan tim kerja.
  5. Mampu melakukan proses supervisi, evaluasi dan monitoring terhadap proses dan hasil karya desain
  6. Mampu memahami etika profesi dan pentingnya hak kekayaan intelektual dari sebuah karya desain.


4. Keterampilan Khusus

  1. Mampu mengaplikasikan prinsip dasar desain
  2. Mampu menerapkan prinsip dasar komunikasi
  3. Mampu menerapkan pengetahuan produksi desain
  4. Mampu menerapkan desain brief
  5. Mampu mengorganisasikaninformasi proyek desain
  6. Mampu mengoperasikan perangkat lunak desain
  7. Mamu menciptakan karya desain
  8. Mampu mempresentasikan karya desain
  9. Mampu mengelola proses produksi
  10. Mampu menerapkan perlindungan hak atas kekayaan intelektual
  11. Mampu membuat materi siap produksi
  12. Mampu mengembangkan konsep desain
  13. Mampu mengevaluasi hasil karya desain
  14. Mampu mengelola proses desain
  15. Mampu menetapkan strategi desain