Select Language :

PARINKRAF UMT HADIRI RAKERNAS JARINGAN WISATA MUHAMMADIYAH (JWM)

PARINKRAF UMT HADIRI RAKERNAS JARINGAN WISATA MUHAMMADIYAH (JWM)

Senin, 21 Februari 2022

Description: IMG_1073.JPGJOGJAKARTA, 16-18 FEBRUARI 2022-02-21; Jaringan Wisata Muhammadiyah (JWM) selenggarakan Rapat Kerja Nasional JWM yang dimulai pada 16 sampai 18 Februari di kampus Universitas Ahmad Dahlan Yogyakarta dengan tema “Bangkitkan Industri Pariwisata: Tugas Moral Integritas Berkemajuan”. Acara Rakernas dihadiri oleh Dekan Fakultas Pariwisata dan Industri Kreatif Dr. Zalzulifa, M.Pd mewakili Rektor UMT yang diundang khusus menjadi peninjau. Sementara Ketua Program Studi Pariwisara Rella Dwi Respati, S.ST, MM, hadir sebagai peserta bagian dari implementasi kerjasama  yang sudah terjalin ketika saat akreditasi berlangsung tahun 2017.

Pembukaan Rakernas ini diselenggarakan blended pada (17/2) di Universitas Ahmad Dahlan (UAD) Yogyakarta, Ketua Badan Pengurus Pusat (JWM), Muhsin B. Thoyib Arbas dalam sambutannya menuturkan bahwa kegiatan ini untuk mensinergikan antar anggota pengurus, anggota dan seluruh elemen JWM di seluruh Indonesia. Ia berharap, beberapa Perguruan Tinggi Muhammadiyah – ‘Aisyiyah (PTMA) yang memiliki program studi (Prodi) Pariwisata untuk mendukung dan bisa berkolaborasi dengan JWM. Menurutnya, hal itu akan semakin mempercepat aksi JWM dalam mendongkrak dan bangkitkan pariwisata. Sementara itu, Wakil Rektor 2 UAD, Utik Bidayati yang mewakili rektor dalam memberikan sambutan mengungkapkan bahwa UAD juga memiliki lini bisnis yang beririsan dengan pariwisata. Selain itu, UAD juga diamanahi oleh Pimpinan Pusat (PP) Muhammadiyah untuk mengelola Museum Muhammadiyah.

Menurutnya, Muhammadiyah sebagai organisasi Islam tertua di Indonesia yang masih aktif sampai sekarang juga memiliki sisi wisata, terlebih wisata sejarah. Wisata sejarah di Muhammadiyah perlu dikembangkan bukan sebagai sarana untuk mengkultuskan peran tokoh-tokoh pendahulu, tapi sebagai sarana edukasi bagi generasi masa kini. “Biar mereka (generasi masa kini) tahu bahwa Muhammadiyah bukan hanya bergerak di bidang-bidang tertentu, tapi bergerak hampir di semua bidang dan menyentuh setiap lini kehidupan masyarakat,” tuturnya.

Sambutan selanjutnya disampaikan oleh Ketua Majelis Ekonomi dan Kewirausahaan (MEK) PP Muhammadiyah, Heri Zudianto menuturkan bahwa JWM harus saling sinergi dan mendorong untuk Description: IMG_0146.JPGkemajuan bersama. Ia berharap, ikatan emosional yang dimiliki oleh anggota jaringan mampu membawa angin segar bagi industri wisata.

Hadir dalam acara Ketua PP Muhammadiyah Bidang Ekonomi Anwar Abbas, Wakil Ketua MPKU PP Muhammadiyah Agus Sulistyo Dunda, Hilman Latief selaku Dirjen Penyelenggaraan Haji dan Umrah Kemenag, Wakil Ketua Majelis Dikdasmen PP Muhammadiyah Kasiyarno, Ketua PWM DIY Gita Danu Pranata, termasuk Mukhaer Pakkanna Sekretaris MEK PP Muhammadiyah. Sumber: muhammadiyah.or.id

Pada Raker nya yang dilaksanakan pada tanggal 18 Februari 2022, JWM membuat rancangan program kerja dengan membaginya menjadi beberapa bidang yaitu:

  1. Bidang organisasi
  2. Bidang hubungan antar lembaga
  3. Bidang pengembangan produk perjalanan wisata domestic dan inbound tour
  4. Bidang MICE
  5. Bidang Haji dan Umroh
  6. Bidang Hotel, Restaurant dan Pusat oleh-oleh
  7. Bidang pengembangan kawasan wisata
  8. Bidang Transportasi
  9. Bidang promosi
  10. Bidang pengembangan IT dan digitalisasi marketing

Kesepuluh bidang di atas bagaikan “one stop shopping” bagi Fakultas Parinkraf, khususnya Prodi Pariwisata. Dengan dibentuknya Jaringan Wisata Muhammadiyah ini mempermudah prodi dan mahasiswa untuk mendapat informasi lowongan pekerjaan maupun tempat PKL (Praktik Kerja Lapangan). Selain itu, juga membuka peluang kerjasama Catur Dharma lainnya seperti Pendidikan, penelitian, pengabdian masyarakat dan al-Ilsam Kemuhammadiyahan.

Dengan kerjasama yang terjalin antara PTM yang memiliki Prodi Pariwisata dan para pengusaha bidang Pariwisata di JWM, kami optimis akan menjadikan kekuatan tersendiri bagi Muhammadiyah pada umumnya (Zz & Rl).