Select Language :

Sejarah

Sejarah

Senin, 23 Oktober 2017

Fakultas Pariwisata dan Industri Kreatif dibentuk guna membantu pemerintah dalam upaya akseleraasi penyiapan sumberdaya manusia yang memiliki kompetensi sesuai tuntutan era Komuninas Ekonomi Asean dan Globalisasi. Para generasi muda kreatif Indonesia dapat memilih salah satu dari program studi yang sesuai dengan bakat minatnya baik di bidang pariwisata maupun industri kreatif. Program studi tersebut meliputi:

Disamping menyelenggarakan program pendidikan, Fakultas Pariwisata dan Industri Kreatif juga memberikan layanan jasa pelatihan dan jasa konsultan maupun penelitian (tailor made) sesuai kebutuhan dan tuntutan perkembangan industri pada era ekonomi asean dan globalisasi. Bahkan bagi kalangan umum yang ingin memanfaatkan jasa layanan cetak juga tersedia pada Unit Pelaksanaan Teknis (UPT) tersendiri. Secara akademis mahasiswa disiapkan menjadi sarjana selama 8 semester, akan tetapi bagi yang ingin menyelesaikan studi dalam enam semester setingkat diploma (ahli madya) maka harus mengikuti uji kompetensi agar benar-benar berterima di kalangan pelaku industri. Untuk itu modul ajar memuat keterampilan berjenjang melalui pembelajaran teori 40% dan praktik 60%. Artinya, pada semester pertama berupa pembekalan teori-teori dasar. Semester Kedua pembekalan keterampilan membuat konsep bisnis. Semester Ketiga pembekalan kemampuan merancang usaha. Semester kempat memiliki kemampuan teknis produksi untuk berbagai jenis produk. Semester kelima kemampuan membuat rancangan bisnis dan portofolio produk. Semester keenam memiliki kemampuan wirausaha bisnis kreatif sesuai program studi. Semester ketujuh dilakukan dalam bentuk praktik Industri dan kuliah kerja nyata. Pada semester akhir (8), mahasiswa dituntut menyusun skripsi sebagai portfolio perkuliahan untuk memperoleh ijazah kesarjanaan. Disamping itu sebagai bukti kompetensi mahasiswa juga dibekali dengan sertifikat uji kompeetnsi oleh Lembaga Sertifikasi Profesi (LSP) yang berkompeten.

Visi

Memandu Lahirnya Wirausaha Pariwisata dan Industri Kreatif Melalui Sistem Pendidikan yang Berdaya Saing Tinggi Memasuki Masyarakat Ekonomi Asean dan Era Globalisasi.

MISI

  1. Menyelenggarakan pendidikan yang bermutu bidang kepariwisataan dan Industri Kreatif.
  2. Menyelenggarakan penelitian dan pengabdian masyarakat yang dapat meningkatkan kesejahteraan manusia bidang kepariwisataan dan Industri Kreatif.
  3. Menyelenggrakan dakwah Al-Islam dan Kemuhammadiyahan dibidang kepariwisataan dan Industri Kreatif.
  4. Menyelenggarakan kerjasama bidang kepariwisataan dan Industri Kreatif dengan pihak lain yang saling menguntungkan dalam pengembangan IPTEK.

TUJUAN

  1. Menghasilkan lulusan yang beriman, bertakwa menguasai IPTEK Pariwisata dan Industri Kreatif sehingga mampu mandiri menuju terwujudnya masyarakat yang berakhlakul Kharimah.
  2. Meningkatkan kegiatan penelitian ddalam bidang Pariwisata dan Industri Kreatif sebagai landasan penyelenggaran pendidikan dan pengembangan IPTEK.
  3. Mewujudkan pengelolaan Fakultas Pariwisata dan Industri Kreatif yang terencana, terorganisir, produktif, efisien dan ter percaya.
  4. Menjalin kerjasama dengan pihak lain dalam lingkup regional, nasional dan internasional untuk mengembangkan pendidikan dan penelitian serta pengabdian kepada masyarakat untuk kemajuan Fakultas Pariwisata dan Industri Kreatif-UMT.
  5. Menghasilkan, mengamalkan, mengembangkan dan menyebarluaskan IPTEK bidang kepariwisataan dan Industri Kreatif dalam skala regional nasional dan internasional.